Kompor telah lama jadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama soal memasak. Seiring perkembangan zaman, kini muncul model terbaru seperti kompor induksi bagus yang menawarkan banyak kemudahan dalam memasak.

Meski masih jarang digunakan di Indonesia, tetapi tak ada salahnya Anda mencari tahu informasi selengkapnya berikut ini!

Mengenal Kompor Induksi

Serupa tapi tak sama dengan kompor listrik, alat memasak ini mengAndalkan kumparan tembaga untuk hasilkan arus magnet ketika Anda meletakkan wajan atau panci di permukaannya.

Kemudian kompor akan langsung memanaskan alat masak tersebut secara langsung, bukan meneruskan panas dari permukaan. Secara tampilan pun hampir sama, yakni berlapis kaca akan tetapi mempunyai gelombang elektromagnetik sebagai pemanas.

Kenali Bedanya Kompor Listrik dan Induksi

Kedua alat pemanas makanan tersebut memang hampir sama, tetapi keduanya tetap punya perbedaan yang harus Anda ketahui sebelum membeli. Cek perbedaannya berikut ini :

1. Efisiensi energi

Kompor induksi butuh sekitar 90% energi listrik sebagai penghasil panas yang lebih cepat tanpa membuang energi sedikitpun. Kompor yang diklaim lebih hemat energi tersebut akan memanfaatkan kumparan logam/tembaga sebagai pemanasnya.

Sementara  kompor listrik efisiensi energinya 70% sebab panas dikirim melalui energi inframerah lewat permukaan alat masak.

2. Segi keamanan

Dari tingkat keamanannya kompor listrik masih terasa panas setelah digunakan, sehingga butuh beberapa waktu untuk mendinginkannya.

Berbeda dengan kompor induksi yang lebih cepat dingin dan bisa langsung Anda bersihkan setelah pemakaian.

3. Instalasi

Proses instalasinya sangat berbeda, kompor listrik umumnya ditanam sedangkan kompor induksi tidak sehingga mudah untuk dipindah tempatkan.

4. Suhu maksimal

Kemudian untuk suhu, kompor induksi berkisar 351 derajat Celcius, sementara kompor listrik mencapai 393 derajat Celcius. Jadi pada faktor ini kompor listrik lebih unggul.

5. Segi harga

Menilai dari segi harga, kompor induksi cenderung mahal tetapi lebih hemat energi dibandingkan kompor listrik.

Penutup

Merangkum dari penjabaran di atas, kompor induksi bagus sebagai alat memasak rumah tangga sebab hemat energi, efisien, dan bisa dipindah tempatkan. Mana yang jadi pilihan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published.