Di tempat jual plat bordes bisa diperoleh plat kembang atau plat chekered, atau plat berlian, atau plat bunga sebagai nama lain dari plat bordes tersebut dalam berbagai variasi bahan dan variasi tingkat ketebalan sesuai penggunaannya. Berikut pembahasannya lebih lanjut.

Apa itu Plat Bordes

Plat bordes adalah bahan plat yang dibuat dengan permukaan yang kasar dan berpola garis kecil bersilang mirip pola cakar ayam atau kembang-kembang. Pola yang ada pada bordes tersebut dimaksudkan agar bisa anti slip, sehingga jika dipijak dalam kondisi basah sekalipun maka tidak akan membuat terpeleset akibat licin. Tekstur berpola pada plat Bordes bentuknya menonjol dalam bentuk jajaran genjang pada permukaannya mampu mencegah terjadinya selip. Kekuatannya tergantung pada tingkat ketebalannya. Semakin tebal maka semakin berat bobotnya dan semakin kuat dan tahan lama plat border nya. Lalu semakin besar juga biayanya. Plat border dijual dalam bentuk lembaran yang lalu bisa ditekuk dan dipotong sesuai kebutuhannya.

Kegunaan Plat Border

Fungsi atau kegunaan plat border yang utama adalah sebagai penahan dari licinnya permukaan plat yang polos sebab memiliki pola yang berfungsi anti selip yang baik, selain dimanfaatkan juga sebagai hiasan karena polanya yang unik dan khas. Berikut ini antara lain contoh penggunaannya sebagai berikut.

Sebagai pelapis atau pijakan tangga. Biasanya dipasang untuk tangga outdoor tapi bisa juga digunakan pada tangga indoor, pada ruangan bergaya minimalis industrialis.

Dipasang pada jalur pejalan kaki

Sebagai interior mobil ambulans

Alas kaki pada mobil pemadam kebakaran 

Sebagai interior kendaraan bak, baik yang terbuka maupun yang tertutup, sehingga barang yang diangkut tidak akan mudah bergeser-geser

Sebagai lantai kendaraan transportasi masal seperti pada kereta api dan bis juga angkot.

Sebagai perlengkapan konstruksi

Sebagai perlengkapan otomotif

Sebagai salah satu dekorasi interior dan eksterior suatu bangunan.

Dan lain sebagainya.

Cara Pengukuran plat Bordes

Guna mengukur perkiraan kebutuhan plat bordes sebelum membelinya maka perlu diketahui ukuran Tebal (t) dan Lebar (W) serta Panjang (L) nya. Lalu guna mengetahui berat standarnya ada rumusnya sebagai berikut.

23,33 x Tebal Plat (t) + 5 = Berat Plat Bordes

Itulah antara lain kegunaan dari plat bordes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.