Gelato, dessert manis dan sehat asal Italia ini jadi buruan mereka yang ingin menikmati camilan rendah kalori dan gula. Sebuah kedai gelato setidaknya harus produksinya setiap hari, bagaimana perawatan mesin gelato?

Harganya yang tidak murah, terlebih menggunakan bahan dasar susu begini cara merawat mesin khusus es krim khas Italia itu.

Cara Perawatan Mesin Gelato

Setiap harinya dipakai mengolah bahan susu dan lainnya, tentu saja mesin harus segera dibersihkan secara optimal demi menjaga kehigienisan dan mencegah berkembangnya bakteri.

Cara pembersihannya dilakukan pada bagian seal valve, oil seal, distributor, outlet valve, baut press, handle, pin lock, hingga water receiver.

Jangan sampai bagian-bagian tersebut tidak dibersihkan sebab bisa menumbuhkan bakteri dan bau tidak sedap yang berbahaya untuk gelato.

Selanjutnya bagian evaporator dan fan cooling, namun alangkah lebih baik dilakukan oleh tenaga ahli sebab Anda perlu berhati-hati saat membongkarnya. Pembersihannya dengan menggunakan kaos lembut untuk membersihkan dari debu.

Banyaknya debu dan kotoran menempel dapat menyumbat, membuat mesin lambat dalam proses pendinginan.

Kemudian pelumasan grease oil dari tumbuhan alami pada bagian-bagian mesin juga diperlukan  secara rutin, misalnya bagian beater dan valve ring yang bersentuhan langsung dengan gelato.

Jangan khawatir, sebab pelumas ini aman dan tak mengubah rasa gelato.

Kelebihan Gelato

Mengapa gelato lebih digemari sebagian orang?

  1. Bahan-bahan yang digunakan alami, seperti susu segar, campuran buah asli bukan perisa.
  2. Lebih padat, sebagian orang lebih menyukai tekstur yang padat.
  3. Kandungan gulanya sedikit, tidak melebihi bahan alaminya sehingga cocok bagi yang ingin camilan rendah gula dan menyehatkan.
  4. Punya keunikan tersendiri dari segi teksturnya, rasa.
  5. Menyehatkan: bisa melancarkan pencernaan, kaya akan vitamin, memperkuat tulang.
  6. Cocok untuk yang sedang diet, jumlah kalori dalam seporsi gelato terbilang rendah.

Itulah bagaimana cara perawatan mesin gelato. Jadi, apakah Anda lebih suka gelato atau es krim?

Leave a Reply

Your email address will not be published.