Pengolahan daging sangat berpengaruh pada citarasanya. Oleh sebab itulah banyak mesin pengolah masakan yang pada dasarnya digunakan untuk memasak daging, salah satunya adalah sous vide machine yang banyak digunakan di restoran.

Ulasan berikut ini akan membahas lengkap tentang tata cara membuat steak nikmat sendiri di rumah dengan teknik sous vide menggunakan mesin. Simak selengkapnya.

Mencuci Bersih Daging

Langkah pertama dalam memasak adalah memastikan bahan makanan yang hendak dimasak bersih. Oleh sebab itulah pertama cuci bersih daging menggunakan air mengalir, sehingga kotoran-kotoran yang menempel pada daging terlepas.

Lumuri Daging dengan Bumbu

Bumbu sangat berpengaruh untuk cita rasa daging ketika dimakan. Oleh sebab itu lumuri daging dengan bumbu steak yang pas, mulai dari garam, lada hitam, dan thyme atau rosemary. Setelah itu masukkan daging ke dalam plastic zipper lock yang kedap udara.

Setelah daging dimasukkan, selanjutnya adalah memasukkan potongan bawang dan minyak zaitun ke dalam plastic zipper lock. Cara ini biasanya diajarkan ketika membuka video how to use sous vide machine untuk memasak daging, tujuannya agar minyak dan bumbu meresap ke daging.

Memasukkan Daging ke Mesin

Pertama sebelum daging yang sudah berada di zipper lock kedap udara, panaskan air menggunakan mesin sous vide. Air yang dimasak harus cukup banyak. Setelah itu tuangkan ke kotak pendingin atau cool box. Ukur suhunya kira-kira di 62 derajat celcius.

Suhu sebenarnya yang diinginkan adalah 60 derajat, tetapi ambil sedikit di atasnya karena nanti akan turun. Setelah suhu pas, masukkan zipper lock kedap udara berisi daging ke dalam kotak pendingin berisi air panas tersebut. Setelah itu daging akan dimasak selama lebih kurang 40 menit.

Jaga Suhu Stabil

Apabila menggunakan sous vide machine yang terbaru, maka menjaga suhu stabil di angka 60 derajat celcius bukanlah hal yang sulit. Sebab mesin sous vide di zaman sekarang memiliki fitur untuk menjaga suhunya tetap di angka yang stabil.

Umumnya daging memerlukan waktu 40 menit sampai matang sempurna. Namun apabila daging yang anda masak lebih tebal maka waktu yang diperlukan juga akan lebih lama, bisa mencapai satu atau dua jam. Namun anda bisa meninggalkan waktu ini untuk aktivitas lainnya.

Finishing

Terakhir, adalah mengeluarkan daging dari commercial sous vide machine yang sudah matang. Setelah 40 menit dimasak daging sudah matang sampai ke dalam. Daging sudah lembut dan bisa dimakan, tetapi belum bisa dikatakan sebuah steak.

Panaskan wajan sampai berasap, kemudian letakkan minyak zaitun atau mentega sampai mencair. Masak daging dari sous vide machine sebelumnya selama satu atau dua menit dan cukup satu kali dibalik. Tujuan finishing hanya mendapatkan tekstur permukaan daging sempurna saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.