Sering kali orang tua memberikan les privat sekolah internasional bagi putra putrinya. Hal ini antara lain karena nilai mata pelajaran tertentu anak yang kurang atau juga sebagai persiapan agar anak siap dalam menghadapi ujian atau tes masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Terdapat banyak lembaga les private, pastikan les private yang dipilih tepat dan memberi nilai tambah bagi kesuksesan pendidikan anak. Berikut ini tips cara memilih les private yang tepat.

Reputasi Lembaga Les Private yang Baik

Kumpulkan informasi, bisa dapatkan secara online maupun offline dari saran kerabat atau teman. Cek reputasinya dan juga kualitas alumninya. Sedangkan lokasi lembaga penyelenggara les privatenya bisa di mana saja karena sekarang kebanyakan pelaksanaan les private dilakukan secara daring. Jadi bisa lebih bebas dalam memilihnya, tak terbatas dengan jarak, dan tak harus memilih lembaga les private yang dekat lokasinya dari rumah.

Pilih Mata Pelajaran

Kemudian pilih mata pelajaran anak yang nilainya rendah sehingga memerlukan les private. Bisa satu mata pelajaran atau lebih. Sesuaikan dengan kebutuhan anak. Kebutuhan tiap anak dapat berbeda-beda.

Tetapkan Durasi Les Private

Berikutnya adalah memutuskan durasi les privatenya. Pilihannya bisa mulai dari 30 menit atau 60 menit atau lebih sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Cara belajar anak bisa berbeda-beda ada yang cepat dan ada yang lambat. Sebagai konsekuensinya semakin panjang durasi atau jangka waktu les private nya maka akan semakin besar biayanya. Pilih durasi yang paling optimal bagi anak agar efektif dan memberi nilai tambah yang nyata dalam peningkatan nilai mata pelajaran nya yang kurang.

Pilih Jadwal yang Sesuai

Berikutnya pilih jadwal les private bagi anak yang tepat, yaitu bisa di saat siang hari atau sore atau bahkan di malam hari, yang penting waktu tersebut sesuai dengan sang anak. Pastikan pada saat menjalani les private tersebut anak dalam kondisi prima dan siap menerima pelajaran, tidak dalam kondisi lelah, atau memgantuk sehingga bjs mengganggu proses belajarnya. Batasi kegiatan lain yang kurang bermanfaat nagi anak.

Frekuensi Les Private

Kemudian tentukan juga frekuensi les private nya sesuai kebutuhan anak, yaitu bisa sekali sepekan, di setiap pekan pada hari tertentu, atau dua kali sepekan atau tiga kali sepekan atau lebih bahkan cukup sekali tiap dua pekan. Tingkatkan intensitas  les private pada saat mendekati waktu pelaksanaan ujian atau tes masuk agar anak lebih siap dalam menghadapinya.  Pilih lembaga les private yang memberikan fleksibilitas dalam memilih durasi dan juga frekuensi serta jadwal les private.

Garansi

Lalu pilih juga lembaga les private yang memberikan garansi. Dalam hal ini contohnya seperti garansi bisa minta tukar guru les private jika anak kurang cocok misalnya, atau bisa mengubah jadwal lesnya dan lain sebagainya sebagai bentuk kemudahan dan kenyamanan bagi anak.

Itulah antara lain tips cara memilih lembaga les private yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.