Sama seperti dokter gigi, orthodontist juga menangani keluhan papa masalah kesehatan gigi. Namun, orthodontist adalah dokter spesialis yang fokus menangani dan merawat susunan atau struktur gigi dengan pemasangan kawat gigi atau alat lain untuk membantu memperbaiki susunan gigi. Jika kamu memiliki keluhan gigi yang tidak rata, kamu bisa datang ke dokter orthodontist terbaik di Jakarta.

Dokter gigi spesialis orthodontist merupakan dokter gigi yang fokus terhadap perawatan susunan gigi dan rahang abnormal supaya fungsi pengunyahan dan fungsi rongga mulut lain dapat normal kembali. Dokter gigi spesialis orthodontist memiliki gelar Sp.Ort.

Sebelum mendapatkan gelar tersebut, seseorang perlu menempuh pendidikan kedokteran gigi terlebih dahulu. Setelah itu baru mengambil program pendidikan dokter gigi spesialis orthodontist. Menurut ketentuannya, dokter gigi dengan gelar Sp.Ort memiliki kompetensi yang berbeda dengan dokter gigi umum.

Peran dokter gigi orthodontist

Di Indonesia, pemasangan kawat gigi masih dianggap hanya sebatas kepentingan estetika saja. Padahal, susunan atau struktur gigi sangat berpengaruh terhadap kesehatan rongga mulut maupun tubuh secara keseluruhan.

Gigi yang tidak rata atau berantakan, bentuk rahang tidak simetris hingga kelainan bentuk gigi dapat menyebabkan kesulitan ketika mengunyah dan akhirnya dapat berkurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, susunan gigi yang tidak rapi juga dapat membuat bakteri menumpuk di sela-sela gigi dan dapat membuat gigi rentan berlubang. Oleh karena itu, ilmu untuk merawat struktur gigi yang berantakan dan kelainan bentuk rahang sangat diperlukan dan dokter spesialis ortodonti-lah yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Berikut adalah beberapa kasus yang dapat ditangani oleh dokter spesialis orthodontist:

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai dokter orthodontist. Jika kamu mengalami keluhan-keluhan pada struktur gigi dan bentuk rahang yang dapat mengganggu fungsinya, segera kunjungi dokter orthodontist terbaik di Jakarta untuk mendapatkan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.