Griddle termasuk terobosan alat untuk masak terbuat dari plat logam yang bekerja dengan bantuan sumber panas. Alat ini banyak diminati pasar lantaran memiliki fungsi bisa menggoreng dan memasak hanya lewat satu griddle. Karenanya, jual griddle semakin memudahkan penggunanya. Berikut jenis-jenis yang dimiliki griddle:

  1. Cast Iron Griddles

Jenis griddle memiliki desain yang compact dan minimalis yang membuatnya banyak diminati. Jual griddle ini memiliki kelebihan awet digunakan bertahun-tahun, permukaannya terbuat stainless steel kokoh yang memudahkan untuk memasak di atas api langsung maupun di atas panggangan, dan terbuat dari logam yang aman bagi kesehatan. 

Sementara kekurangannya, bobotnya relatif berat dibanding jenis griddle lain, bahannya terbuat dari metal sehingga mudah berkarat jika tidak dirawat dengan baik, mudah pecah, makanan akan menempel pada plat jika tidak menambahkan minyak saat memasak.

  1. Electric Griddles

Jenis griddle ini menggunakan sumber listrik untuk menghasilkan panasnya. Didesain dalam bentuk yang compact dan memiliki permukaan yang luas sehingga panas yang dihasilkan lebih merata, dan memiliki pengaturan suhu.

Untuk kekurangannya, kabel listrik bawaan dari griddle terlalu pendek sehingga sulit menjangkau sumber listrik, minyak pada tray griddle agak sulit dibersihkan karena biasanya griddle sudah menyatu dengan komponen listriknya.

  1. Outdoor Griddles

Dari namanya saja griddle ini pasti untuk proses memasak di luar ruangan. Jenis ini memiliki permukaan stainless steel yang kokoh, didesain dengan ukuran standar, permukaannya relatif datar, dan mudah dibersihkan karena tray stainless dapat dilepas dari panggangan dengan mudah. 

Untuk kekurangannya, minyak dapat saja jatuh ke sisi panggangan yang akan sulit dibersihkan, kebanyakan outdoor griddle tidak memiliki gagang sehingga Anda harus berhati-hati saat mengangkat plat dari panggangan, serta beberapa bagian stainless mudah berkarat.

  1. Griddle Pans

Jual griddle ini terbuat dari aluminium melalui proses anodize sehingga pemanasan pada permukaan tersebar dengan rata, terbuat dari beberapa lapisan anti lengket, mudah dibersihkan, serta mudah digunakan untuk memasak berbagai masakan. 

Namun, jika terjadi pemanasan yang berlebihan akan menyebabkan bahan metal melengkung dan menjadi tidak rata.

Itulah jenis-jenis jual griddle yang wajib Anda tahu sebelum membelinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.