Tahukah Anda jika masa tanggungan kredit motor itu berjangka?

Ada dealer yang memiliki pengajuan kredit motor minimal 12 bulan, 24 bulan hingga 36 bulan. Masing-masing memiliki keutamaan agar semakin cepat masa cicilan semakin nyaman. 

Berikut pertanyaan seputar pengajuan kredit motor yang bisa Anda ketahui! 

Apakah motor yang dicicil masih ada jaminan? 

Iya, selama Anda disetujui mengambil kredit motor maka BPKB motor tersebut masih tertahan di dealer. Mungkin Anda masih ragu apakah nantinya pihak dealer amanah memegang BPKB tersebut atau tidak. Untuk itu, carilah dealer terpercaya yang berpengalaman dalam sistem jual beli cara kredit motor. Sebulan sebelum pelunasan, pihak dealer akan mengkonfirmasikan kepada Anda bahwa BPKB siap diambil setelah lunas total. 

Lama pengajuan hingga persetujuan kredit motor 

7-14 hari setelah masa pengajuan motor dan kelengkapan berkas kreditnya. Jika selepas masa tersebut tidak ada karyawan yang datang maka kemungkinan Anda tidak disetujui oleh dealer yang diminta. Untuk lebih jelasnya, mungkin Anda bisa menanyakan langsung ke pihak dealernya. 

Apakah ada denda saat Anda terlambat membayar angsuran? 

Iya ada, angsuran kredit motor bulan ini Anda telat maka ada denda dan sanksi keterlambatan yang harus ditanggung, pihak kolektor akan datang untuk menagih angsuran tersebut. Jika dendanya belum Anda bayarkan dan hanya membayar pokok angsurannya saja maka denda bisa dibayarkan di bulan berikutnya. Namun, hal ini tergantung dari kebijakan setiap dealer yang Anda pilih. 

Perlunya membayar tepat waktu angsuran yang diberikan adalah Anda tidak terbebani dengan waktu pelunasan yang makin lama, denda yang ditanggung. Sisi lainnya juga memberikan disiplin waktu untuk Anda agar tidak menyepelekan cicilan motor karena motor telah Anda pakai. 

Jika 3 bulan berturut-turut Anda tidak membayar angsuran, apa yang terjadi? 

Motor akan disita dan tidak akan diberikan lagi kecuali Anda membayar semua tagihan dan denda yang ada. Misalnya, Anda telah mencicil motor selama 15 bulan dan ternyata 3 bulan setelahnya Anda off tagihan. Motor diambil dan uang angsuran 15 bulan tersebut tidak akan kembali. Sangat disayangkan ya jika Anda lepas angsuran di pertengahan seperti itu.  

Cara pembayaran kredit motor

Saat ini banyak perusahaan kredit motor yang telah menggunakan aplikasi. Jadi, setiap kali Anda akan membayar tidak perlu kolektor datang atau Anda datang ke kantor ya tetapi bisa lewat minimarket, aplikasi. Setting alarm untuk mengingatkan jadwal membayar angsuran.  

Pengajuan kredit motor ke dealer bisa lewat jalur online dan offline. Sedangkan untuk memilih motornya, Anda tetap harus datang ke dealer agar tahu bagaimana kondisi motornya dan jaminan kepuasan pelanggan. Yuk, ajukan kredit motor sekarang juga, tanpa DP dan dengan DP!

Leave a Reply

Your email address will not be published.