Kendaraan roda empat merupakan salah satu alat transportasi yang dibutuhkan di era sekarang ini untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Namun, keterbatasan dana membuat orang-orang melakukan kredit mobil. Kira-kira antara kredit mobil yang masih baru atau mobil bekas mana yang lebih menguntungkan ya? Yuk simak pertimbangan di bawah ini agar tidak salah beli mobil.

Suku Bunga

Kredit mobil baru menawarkan suku bunga rendah bila dibandingkan dengan kredit mobil bekas. Hal tersebut karena risiko rendah apabila terjadi hal yang tidak diinginkan mengingat kondisi mobil masih baru dan sehat. 

Sedangkan untuk mobil bekas,harus melalui proses penilaian terlebih dahulu yang berdampak pada suku bunga tinggi karena berkaitan dengan depresiasi dan risiko yang terjadi pada mobil tersebut. 

Meski demikian, anda harus teliti. Lakukan penghitungan mendetail karena tidak menutup kemungkin skema kredit mobil antara  baru dan bekas selisihnya tidak jauh berbeda. 

Premi Asuransi

Untuk kredit  mobil baru, umumnya pihak lembaga pembiayaan sudah menyertakan paket asuransi komplit atau disebut juga All Risk, yang berguna untuk meng-cover apabila terjadi kecelakaan bahkan kehilangan. 

Sedangkan untuk mobil bekas, asuransi yang disediakan hanya Total Loss Only (TLO) atau asuransi yang diberikan apabila terjadi kehilangan mobil, untuk kecelakaan tentu ditanggung pribadi. 

Pokok Pinjaman dan Cicilan per Bulan

Kredit mobil yang baru lebih banyak membutuhkan biaya bila dibandingkan dengan mobil bekas, dengan begitu pokok pinjamannya juga dipastikan lebih mahal dan secara langsung berpengaruh pada cicilan perbulan yang lebih besar pula. 

Ketersediaan Layanan Pinjaman

Ingin membeli mobil baru? Langkahnya sangat mudah, anda hanya perlu mendatangi dealer mobil terdekat. Umumnya dealer mobil sudah memiliki rekanan penyedia layanan leasing atau kredit melalui bank. Lain halnya dengan mobil bekas, anda membutuhkan waktu lebih banyak ketika mengajukan ke layanan jasa kredit. 

Proses Pembelian

Selain itu, proses pembelian mobil baru dinilai lebih praktis, anda hanya perlu datang ke dealer, menyiapkan dokumen lalu melakukan transaksi. Sedangkan untuk mobil bekas anda perlu melakukan cek kondisi dan  inspeksi mobil lebih teliti untuk memastikan kondisi mobil yang akan dipilih. 

Pilihan Varian

Anda menginginkan mobil keluaran terbaru dengan teknologi paling canggih? Tentu anda bisa mendapatkan semua itu bila kredit mobil baru. Anda memiliki kebebasan memilih warna, interior, fitur terbaru sesuai selesa. Sedangkan bila mobil bekas pilihannya sangat terbatas tidak akan se-upgrade mobil baru. 

Kredit mobil baik baru ataupun bekas, sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mobil baru dinilai lebih menguntungkan untuk jangka panjang karena memiliki garansi dan biaya perawatan yang jauh lebih hemat. Mobil merupakan benda dengan depresiasi sangat cepat, untuk itu diperlukan kemantapan dalam memilih mobil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.