Lebaran merupakan momen yang paling ditunggu seluruh umat Islam di dunia, setelah satu bulan berpuasa. Momen ini identik dengan hidangan-hidangan khusus yang lezat. Selain ketupat dan opor, kue kering menjadi suguhan yang wajib di hari lebaran ini. Ada banyak toko kue Jakarta yang menjual kue-kue kering menjelang lebaran atau di hari-hari biasa. 

Selain membeli kue-kue kering tersebut di beberapa toko kue Jakarta, tentu Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Namun, tidak semua orang bisa membuatnya dengan baik. Nah pada tulisan ini Anda dapat membaca beberapa tips untuk membuat kue nastar anti gagal. Simak dalam ulasan di bawah ini. 

Tips cara membuat kue nastar anti gagal

 Jika Anda mempraktekkan tips berikut ini, maka Anda akan dapat membuat nastar terbaik  serupa dengan yang dijual di pasaran

Perhatikan jumlah mentega pada adonan nastar Anda 

Perhatikan jumlah  mentega dan margarin yang Anda gunakan. Jika mentega terlalu banyak, dapat menyebabkan adonan nastar menjadi lembek dan rentan patah. Adonan nastar yang terlalu lembut rentan patah ketika digulung. 

Timbang berat adonan dan isi nastar

Perhatikan bobot adonan setiap nastar. Anda perlu menimbangnya, untuk kulit nastar sekitar 6 gram dan untuk isiannya sekitar lima sampai dengan enam gram.

Beri jarak saat menaruh nastar di loyang

Sebelum dipanggang, susun dan beri jarak  adonan nastar yang akan dipanggang  tersebut antara satu dengan yang lain. Jarak ini dibutuhkan supaya nastar punya ruang untuk mengembang saat dipanggang. Jika Anda menyusun ya terlalu dekat antara satu dengan yang lain, maka nastar tersebut akan rentan pecah atau retak. 

Sesuaikan suhu oven saat memanggang nastar

Suhu oven yang terlalu tinggi saat memanggang nastar akan menyebabkan nastar cepat gosong dan menjadi retak. Anda dapat menggunakan suhu oven sekitar 150 hingga 170 derajat Celcius untuk memanggang nastar. Panggang nastar selama 25 hingga 35 menit. Anda juga dapat mengecek secara berkala. 

Oleskan egg wash pada adonan nastar yang siap dipanggang 

Apa itu egg wash? Egg wash ini berupa campuran kuning telur dan beberapa bahan lain yang biasa dijadikan sebagai olesan kue kering seperti nastar. Olesan egg wash ini berfungsi  untuk melapisi bagian atas nastar supaya tidak kering dan warnanya terlihat menginap. Gunakan telur yang tepat untuk membuat egg wash yaitu telur ayam kampung atau telur omega, telur jenis ini membuat nastar terlihat mengkilap dan lebih cantik.

Tambahkan madu atau minyak pada egg wash

Anda dapat mencampur kunjung  telur  dengan madu atau minyak untuk membuat egg wash. Hal ini dilakukan agar hasil olesan egg wash lebih mengkilap. Anda bisa menggunakan perbandingan dua butir kuning telur ayam kampung dengan satu sendok teh madu, beserta sedikit minyak dan air.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, adonan nastar dipanggang dulu setengah keras, kemudian keluarkan dari oven, lalu Oleskan egg wash, kemudian panggang kembali hingga matang. 

Nah, itu tadi tips cara bikin kue nastar anti gagal. Jika Anda masih ragu untuk bisa membuatnya sendiri, Anda dapat membeli di toko kue Jakarta yang terdekat dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.