Mengunjungi dokter orthodontist terdekat bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah gigi yang kurang rapi dan menyebabkan fungsi gigi untuk mengunyah menjadi kurang sempurna. Dokter orthodontist merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut dokter gigi spesialis ortodonsia. Lalu apa beda dokter gigi dan orthodontist?

Perbedaan Dokter Gigi Biasa dan Orthodontist

Seorang orthodontist berbeda dengan seorang dokter gigi biasa. Orthodontist dipastikan adalah seorang dokter gigi, tetapi seorang dokter gigi belum tentu seorang orthodontist. Ortodonsia merupakan bidang ilmu kedokteran gigi yang secara khusus mempelajari tentang fungsi dan estetika gigi, rahang serta wajah.

Seorang orthodontist merupakan dokter gigi yang telah mengikuti pendidikan kedokteran gigi spesialis ortodonsia. Hal inilah yang menjadi faktor pembeda utama antara dokter gigi biasa dan orthodontist. Karena sudah menjalani pendidikan spesialis, seorang orthodontist akan memiliki wewenang penuh untuk melakukan perbaikan posisi gigi dan rahang agar mampu bekerja secara optimal dalam proses mengunyah serta tidak menimbulkan gangguan pada struktur wajah. Seseorang yang mengalami gangguan mengunyah ataupun struktur wajah akibat kondisi susunan gigi atau gusi yang tidak ideal sebaiknya berkonsultasi langsung pada dokter orthodontist terdekat.

Kapan Harus ke Orthodontist?

Kondisi susunan gigi dan rahang yang tidak ideal dapat menyebabkan masalah pada saat mengunyah ataupun berbicara. Masalah susunan gigi dan rahang tersebut hanya bisa ditangani oleh dokter gigi spesialis ortodonsia karena dokter gigi spesialis ini memiliki wewenang penuh atas praktek penanganan masalah tersebut.

Efek yang bisa timbul dapat beragam, mulai dari hasil kunyahan yang kurang sempurna sehingga berdampak pada masalah penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan, hingga munculnya masalah gigi seperti timbulnya tumpukan plak gigi yang cepat, gingivitis hingga gigi yang berlubang atau pecah. Kondisi gigi dan rahang yang tidak ideal juga bisa berdampak pada gangguan kemampuan berbicara.

Karena alasan itulah, seseorang yang mengalami masalah susunan gigi dan menimbulkan dampak – dampak tersebut sebaiknya segera mengunjungi dokter orthodontist terdekat. Kebutuhan untuk memperbaiki susunan gigi dengan tujuan memperbaiki estetika wajah juga bisa dilayani oleh dokter gigi spesialis ortodonsia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.